[Buku] Berani Gagal

Berani Gagal!

Ini merupakan kalimat yang agak ‘nyeleneh’ buat sebagian orang. Kalau dibaca sekilas, buku ini bisa dianggap menyesatkan karena mengajak orang untuk melakukan kegagalan terus. Tapi tidak demikian jika sudah membaca keseluruhan isi buku tersebut.

Inspirasional!

Buku ini berisikan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh Billi Lim, seorang motivator asal Malaysia, semenjak dia kecil, remaja, masa kuliah, sampai akhirnya menjadi orang yang terkenal di dunia. Tidak hanya berisikan cerita dan pengalamannya, tetapi juga banyak sekali quotes dan cerita singkat mengenai orang-orang sukses dan berpengaruh di dunia ini. Benar-benar menambah banyak wawasan.

Buku ini diawali dengan masa kanak-kanak Billi Lim. Diceritakan bagaimana dia berasal dari keluarga besar berjumlah 14 orang bersaudara beserta kedua orang tuanya yang keras. Dilahirkan dari golongan strata bawah, Lim sering mengalami kesusahan semenjak kecil. Sampai akhirnya dengan banyak kesempatan, peluang dan usaha yang dimilikinya, Lim berhasil masuk ke Universitas. Aktif dalam kegiatan organisasi di kampus membuatnya semakin berkembang dan menemui banyak orang-orang baru.

Bahkan Lim dan beberapa temannya membuat perusahaan sendiri, yaitu FORTISS INCORP SENDIRIAN BERHAD, dan dia menjadi Direktur Utama di perusahaan itu.

Bukan! Bukan kesuksesan semacam itu yang dibanggakan oleh Lim, tetapi setiap kegagalan yang pernah dia lalui lah yang ingin dia bagikan kepada setiap pembaca bukunya. Dia harus mengalami pasang surut bagaimana meraih kesempatan untuk kuliah, sempat berhenti dan melanjutkan lagi. Harus menjilat ludahnya sendiri waktu dia berjanji untuk tidak kembali ke kampus. Bangkrutnya perusahaan yang yang pernah dia dirikan. Dan yang menambah daftar kesedihannya adalah putus hubungan dengan pacarnya.

Membaca buku ini sama seperti sedang berkaca kepada diri sendiri,

“Wah, saya pernah nih mengalami yang seperti ini”.

Atau bahkan,

“Saya merasa hidup saya lebih berat dan lebih banyak jatuh-bangunnya dari pada orang ini”.

Tapi, bedanya adalah buku ini memberikan saya solusi, langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk terus maju dan berani untuk gagal. Berbeda dengan beberapa buku yang mengupas tentang kesuksesan yang pernah saya lihat dan baca di toko buku. Cuma buku ini yang membahas dan membanggakan kegagalannya. Kegagalan merupakan sesuatu yang bernilai dalam kehidupan.

Ada quote seperti ini.

“TIdak ada yang anda pelajari dari kemenangan, tetapi kekalahan yang membuat anda belajar”.

Banyak orang-orang terkenal yang diselipkan ceritanya di dalam buku ini. Dari semua orang yang diceritakan, semuanya pernah mengalami kegagalan. 1% kesuksesan yang pernah dimiliki orang-orang sukses tersebut telah menutupi 99% kegagalan yang telah mereka rasakan. Karena memang pada dasarnya bagaimana kita tahu jalan yang benar kalau tidak tahu jalan yang salah. Jadi orang akan belajar melakukan yang benar dari percobaan dan kesalahannya.

Kembali ke kenyataan, sangat jarang sekali orang yang berani pada kegagalan. Hampir semuanya takut! Tapi tahukah anda apa sebenernya yang membuat orang takut untuk gagal. Seperti quotation dari Epitetus, “Orang terganggu bukannya oleh masalah yang ada, tetapi oleh pendapat mereka tentang masalah yang ada”.

Kita terlalu concern terhadap pendapat orang mengenai apa yang kita lakukan, bukan concern terharap apa yang kira lakukan. Tugas orang lain hanyalah mengomentari, justru yang patut dilakukan adalah fokus mengerjakan apa yang sedang dikerjakan agar sampai pada tujuan. Ini adalah resiko yang harus dihadapi dalam hidup. Semakin besar resikonya semakin besar keberhasilan yang akan diraih.

Biasanya karena terlalu mendengar omongan orang, orang akan takut untuk sukses di usia yang sudah tua. Merasa hanya sedikit waktu yang dia punya untuk menikmati kesuksesan yang didapatnya semenjak muda. Bahkan saking memikirkan hal tersebut, otaknya semakin menerima sugesti negatif, sehingga dia takut tidak berhasil dalam hidupnya.

Untuk itulah Lim dengan sangat baik memberikan masukan yang sangat positif yang mengajak pembacanya untuk melakukan apa yang sedang dia lakukan untuk mencapai kesuksesan dan tidak terpuruk di lubang kegagalan. Bahkan untuk orang yang mengganggap apa yang sedang dilakukannya tidak mungkin mendapatkan kegagalan, Lim mengajak untuk mengambil resiko, lakukan hal yang lain, berinovasi, berimprovisasi, lihatlah tantangan yang dihadapi dapat membuat hidup lebih hidup. Karena mereka yang berani melakukan apa yang tidak pernah dilakukan orang lain, merekalah yang berani gagal.

Lim sekarang menjadi pembicara dan motivator internasional. Banyak orang sukses dan terkenal yang menjadi temannya sekarang ini. Kegagalan telah membawanya kepada kesuksesan yang besar, dan dia masih mau terus belajar.

Bukan kegagalan yang kita takuti, tetapi tidak pernah mencoba untuk sukses adalah kegagalan yang paling merugikan.

Cobalah, dan lihat apa yang terjadi.

Advertisements

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s