[Buku] Kicau Kacau

 

Hidup ini simple.

Novel ringan ini berisikan pengalaman hidup serta pandangan-pandangan seorang Indra Herlambang sepanjang hidupnya. Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa tulisannya di beberapa majalah dan kolom media, disambungkan dengan beberapa tweet-nya di twitter, yang sekarang menjadi jejaring social paling diminati. Mahasiswa lulusan DKV yang justru lebih betah berkecimpung di dunia hiburan, mulai dari penyiar radio, presenter, MC, akting, bahkan menari.

Lahir dari sebuah keluarga Jawa beserta dengan segala keunikannya, membentuk Indra sebagai pria yang unik pula. Pergaulannya yang bisa dibilang, “Jakarta Banget”, membuatnya berwawasan luas, meskipun sang penulis masih mengakui bahwa dirinya bodoh dalam segala hal dan cenderung kaku.

Tapi, menurut saya tidak sepenuhnya seperti itu. Banyak hal-hal unik yang dilakukannya sendiri, seperti menghitung langkahnya dalam satu hari, menjadi anggota aksi demo di Bandung semasa kuliah waktu pergolakan di tahun ’98, bahkan sempat mewawancarai Miyabi, mantan (entah mantan atau masih) seorang pemain film porno.

Dari hal-hal tersebut, ada saja pelajaran yang dapat dia temukan. Dari menghitung langkahnya dalam sehari, dia bisa menemukan banyak langkahnya yang sia-sia hanya untuk bolak-balik, namun pada akhirnya bukan itu yang harus disesali tetapi kemanakah langkah itu akan membawa kita pergi. Waktu Indra mengikuti aksi semasa kuliah, merasakah bagaimana menjadi bagian dari perubahan Negara Indonesia ini, menghargai setiap perjuangan yang ada. Lalu bagaimana seorang Indra yang mengajak kita untuk tidak memandang seseorang hanya dari masa lalunya, saat dia mewawancarai Miyabi. Lihatlah apa yang ada sebenarnya di dalam diri seseorang dengan mengenal pribadinya lebih lanjut.

Selain itu, Indra juga menggambarkan betapa indahnya suasana dan keberagaman keluarga yang dimilikinya sekarang ini dan betapa bersyukurnya ia. Meskipun pada usia yang bisa dibilang tidak muda lagi namun masih jomblo, Indra tetap berjiwa muda dan semakin dewasa, sehingga tidak ada anggota keluarganya yang keberatan dengan status single-nya sekarang ini.

Teman adalah hal berarti untuk Indra. Hampir seisi buku ini berkisah tentang dirinya dan pergaulannya bersama teman-temannya. Karena dari situ jugalah dia bisa sukses sampai sejauh ini.

Overall, novel ringan dengan cerita sehari-hari yang sungguh menginspirasi. Layak untuk dibaca.

Advertisements

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s