Blogger Pemula #2

Sebelum memulai tulisan ini, saya berterima kasih yang sebesar-besarnya atas komentar yang saya dapatkan di tulisan sebelumnya. Komentar pertama yang saya dapatkan dan sangat memicu saya untuk meneruskan tulisan ini. Berikut komentarnya.

2Terima kasih Bung Irvan Fauzi serta pemberi komentar lainnya di tulisan sebelumnya. Selanjutnya saya mau melaporkan apa hasil yang saya terima dalam 4 hari setelah saya memulai ini.

Setelah sebelumnya saya membagikan link ke social media yang saya miliki, saya melanjutkan kegiatan menambah jumlah traffic pada blog saya dengan cara melakukan blog-walking. Ada banyak grup blogger di Facebook yang saya kunjungi dan bergabung di sana. Tidak hanya menyebarkan link tetapi saya juga membuka link-link blog lainnya. Inilah yang dinamanya blog-walking. Kalau ingin ada yang mampir ke blog saya, maka saya harus mampir dulu ke blog mereka untuk sekadar membaca, memberi komentar, atau melakukan hal lain yang diminta oleh pemilik blog dalam postingan mereka di grup blogger yang saya kunjungi. Seperti ini:

3

Ternyata menyenangkan melakukan blog-walking ke beberapa blog yang disebarkan di grup blogger. Karena tidak sekadar mengincar banyaknya traffic tetapi informasinya juga bermanfaat (sebenarnya ini menyindir diri sendiri karena blog ini gak ada faedahnya, menurut saya). Selain itu, hasil yang saya terima juga meningkat dibandingkan laporan yang saya berikan di tulisan sebelumnya.

1

Lihat grafik yang paling kanan! KEREN KAN! HA HA HA HA!

Sebenarnya saya belum merasa bangga banget dengan hasil yang saya dapat karena dibandingkan dengan hasil yang saya lihat dari blogger lainnya, saya masih jauh di bawah mereka yang dalam sehari bisa mendapatkan ratusan hingga ribuan pengunjung. Tapi saya bangga karena yang saya lakukan ada hasilnya dan progress-nya terus naik. Hal simpel tapi membanggakan bagi saya sendiri dan ini justru membuat saya ingin terus belajar lebih dalam lagi tentang blog, SEO, dan lain sebagainya.

Sekarang cukup ini yang bisa saya sampaikan, selanjutnya saya akan mencari tahu langkah apa lagi perlu saya lakukan untuk terus menaikkan angka traffic yang sudah saya dapatkan. Apabila Anda tahu dan mau membagikan sedikit ilmu kepada saya, silakan layangkan melalui kolom komentar. Saya akan sangat berterima kasih atas bantuan Anda.

(note: satu hal yang baru saya sadari setelah menulis postingan ini adalah saya tidak konsisten menggunakan kata ‘saya’ dan ‘gue’. Tapi, mulai postingan ini saya akan melanjutkan dengan kata ‘saya’ biar bahasanya lebih bagus lagi. Hehehe.)

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

7 thoughts on “Blogger Pemula #2”

    1. Betul! buat mengatasi writer’s block nih. Sebisa mungkin setiap hari nulis. Jadi maap ya kalo situ follow saya trus setiap hari ada tulisan baru. hehe.

Leave a Reply

