Pendidikan Indonesia di Masa Depan

Saya memimpikan pendidikan di Indonesia yang lebih baik dari sekarang. Memang banyak “PR” yang harus dikerjakan oleh pemerintah untuk segera mematangkan pendidikan Indonesia tetapi sudah banyak jejak-jejak kecil yang melakukan langkah untuk mencapai mimpi tersebut. Salah satunya bisa Anda lihat melalui video berikut ini.

Coba bayangkan hal ini bisa diaplikasikan ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia di masa depan. Menurut saya pendidikan semacam ini bisa terwujudkan di Indonesia. Mungkin kalau Anda membandingkan dengan masa sekarang di mana pendidikan di Indonesia yang masih belum merata, biaya pendidikan yang mahal, kemampuan peserta didik dalam menguasai teknologi, dan banyak hal lainnya, Anda tidak dapat melihat masa depan tersebut. Saya optimis hal ini dapat tercapai di masa depan, dimulai dengan adanya langkah kecil seperti yang terlihat pada video di atas.

REVnewsletter-article-27-feb_Artboard-4

Solusi Lenovo mengilustrasikan, “Seorang guru masuk membawa ThinkPad 10 Tablet dan duduk di meja kelasnya sembari mengecek kehadiran siswanya melalui tabletnya. Kemudian guru tersebut membagikan materi ajarnya dan semua murid langsung melihatnya melalui ThinkCentre E63z. Tanya jawab tak hanya terjadi di kelas namun juga di luar kelas melalui software LanSchool yang terinstall di ThinkPad Yoga milik para siswa. Bahkan di rumah, siswa bisa tetap menerima bahan ajar yang dikirim dari ThinkStation P300 yang berada di sekolah.”

Itulah gambaran proses ajar-mengajar di sekolah dengan dukungan teknologi dari Lenovo. Setiap guru dan siswa dapat saling berkolaborasi di mana saja, kapan saja melalui tablet, laptop dan server yang saling terkoneksi dengan software LanSchool.

LanSchool adalah software pendidikan yang dibuat dengan semangat BYOD (Bring Your Own Device) ke sekolah. Dengan begitu, siswa bisa membawa tablet/laptop dan langsung terkoneksi dengan sistem sekolah secara otomatis di dalam kelas.

Guru bisa berkolaborasi secara digital dengan setiap murid bahkan dapat mengetahui jika salah satu murid kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan melalui LanSchool.

Orang tua dan guru tidak perlu khawatir kegiatan ajar-mengajar menjadi tidak efektif dengan adanya media sosial yang terkoneksi melalui device para murid. Karena sistem LanSchool secara otomatis menyesuaikan device para murid sehingga kegiatan dalam kelas tidak akan terganggu dari media sosial.

Kegiatan ajar-mengajar tidak terbatas hanya di dalam kelas. Dengan adanya koneksi internet dan software LanSchool, guru dan murid tetap bisa berkolaborasi dari mana saja. Pengadaan komputer server di sekolah bisa dimanfaatkan sebagai pusat data materi ajar yang bisa diakses kapanpun.

Bagaimana menurut Anda mengenai LanSchool dari Solusi Lenovo? Apakah Anda mempunyai mimpi yang sama dengan saya untuk masa depan pendidikan Indonesia yang lebih baik?

Advertisements

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

2 thoughts on “Pendidikan Indonesia di Masa Depan”

  1. bedanya sama e-learning apa gan? dulu di sekolah saya pake moodle yg bisa diakses pake LAN di sekolah dan bisa pake internet kalo lagi mau ngumpulin tugas dari rumah, tapi gk tau deh database-nya dimana dan bagaimana :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s