Perpindahan Dalam Hidup

quote

That’s a great thought from Raditya Dika.

Begini… gue mau menceritakan sedikit mengenai kehidupan gue yang gue sebut “KERJA”.

Yup! Semua orang pasti bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apapun pekerjaannya. Sesuai atau tidak sesuai dengan kemampuannya. Asalkan menghasilkan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, pasti orang akan bekerja.

Namun, buat gue kerja itu gak sekadar kerja. Tetapi membangun citra pada diri sendiri sehingga gue tahu saat gue tua nanti orang akan melihat gue sebagai apa. Apa yang mau gue katakan kepada orang lain tentang diri gue. Gue akan bilang, “Saya seorang pekerja kreatif.”

Gue berani bilang kalau gue ini adalah seorang pekerja kreatif karena apa yang selama ini gue kerjakan mengharuskan gue mengeluarkan segala macam kreatifitas yang gue miliki. Tapi, gue gak merasa kehabisan kreatifitas, palingan cuma males ngeluarinnya, karena kreatifitas bisa gue dapatkan dari mana saja. Yang paling dekat sama kehidupan gue setiap hari adalah internet. Jadi gue tinggal membuka browser dan mulai mencari sumber-sumber inspirasi.

Sekarang gue mau menyambungkan kutipan yang ada di atas dengan diri gue sebagai pekerja kreatif. Saat ini gue bekerja di dunia digital advertising, dunia yang sehari-harinya memromosikan brand klien melalui sarana internet, entah itu melalui website, social media, blog, forum, dan lain sebagainya. Saat ini, gue merasa pekerjaan gue belum memberikan gue kehidupan yang lebih baik. Gue mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan itu. Mungkinkah memang kemampuan gue yang tidak gue keluarkan secara maksimal? Mungkinkah ini memang jalan hidup gue? Atau mungkinkah memang gue berada di tempat yang terlalu nyaman sehingga membuat gue tidak mau bergerak ke mana-mana lagi?

Gue sering lihat atau mendengar orang-orang yang bilang mereka saat ini mau keluar dari zona nyaman mereka. Mereka melihat gak ada skill atau pengalaman tambahan yang mereka peroleh di tempat kerjanya sehingga mereka memutuskan untuk pindah kerja. Bukan cuma pindah kantor tetapi juga pindah profesi, pekerjaan yang sebetulnya sangat jauh dari dunia yang sebelumnya mereka miliki. Well, gue gak mau berkomentar banyak soal keputusan dari orang-orang itu. Nyatanya gue punya pendapat sendiri, “Gue suka dengan zona nyaman gue, tetapi gue mau zona ini jadi lebih luas. Ibarat gue punya rumah, gue gak perlu keluar rumah untuk merasa nyaman karena rumah adalah tempat yang paling nyaman. Gue tinggal berjuang lebih keras lagi untuk menciptakan rumah yang lebih luas dan besar sehingga gue bisa merasakan kenyamanan yang lebih enak lagi.”

Itulah yang sedang gue lakukan sekarang. Gue gak keluar dari zona nyaman tapi berusaha membuat zona nyaman gue lebih luas lagi. Zona nyaman yang gue maksud adalah pekerjaan gue, karir gue yang sudah gue jalani sejak tahun 2011-an, yaitu sebagai seorang Social Media Specialist. Gue mau karir ini terus gue bangun dan jadi lebih besar sehingga gue punya kehidupan yang lebih baik lagi. Lalu, perpindahan apa yang gue butuhkan?

Gue memilih untuk pindah ke kantor lain dengan bidang yang sama seperti yang gue jalani saat ini. Sebelum pindah, gue sudah bekerja di kantor sebelumnya selama tepat 2 tahun. Ada banyak hal yang gue rasakan dan dapatkan. Tetapi, di tahun ke 2 ini gue menyadari gue belum melakukan perubahan berarti yang membuat kehidupan gue lebih baik. Saat itulah gue menyadari gue harus pindah.

Tuhan memberikan gue kesempatan untuk pindah. Kantor yang akan segera gue huni adalah kantor dengan zona nyaman yang cukup┬álebih besar dari yang gue miliki sekarang. Perpindahan ini gue yakini akan membawa perubahan yang besar dalam hidup gue. Seperti pada kutipan Raditya Dika, “Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik…gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah.”

Lalu, kalau pindah diidentikkan dengan kepergian, kesedihan akan mengikutinya. Kesedihan yang gue rasakan adalah kebersamaan dengan teman-teman kantor yang akan menjadi kenangan. Terlalu panjang cerita yang akan gue tulis kalau gue mau menceritakan semua kenangan itu. Tapi yang jelas, saat ini gue mau menciptakan kenangan yang baru bersama orang-orang baru dalam zona nyaman gue yang lebih besar.

Terima kasih, teman-teman Ideate Creative Communication.

Advertisements

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s