Lo Bisa Kerjain Soal Matematika Ini?

Coba lo baca baik-baik terus pecahkan jawabannya!

IMG_2255

Apapun reaksi lo setelah melihat soal di atas. Plis, kasih gue kesempatan ngomong dulu soal asal-muasal soal ini bisa viral di dunia maya.

Percaya atau tidak, soal ini adalah soal ujian untuk anak sekolah di Singapura. Soal matematika ini benar-benar menguras logika! Begini sedikit bantuan untuk menjawabnya.

Cheryl bilang ke Albert tentang bulan kelahirannya, lalu bilang ke Bernard tentang tanggal kelahirannya. Jadi, Albert punya kemungkinan menjawab bulan Mei, Juni, Juli atau Agustus. Sementara, Bernard kemungkinan menjawab tanggal 14, 15, 16, 17, 18 atau 19.

Nah, jadi sedikit terlihat tuh percakapan di akhir menunjukkan bahwa:
1. Albert tadinya gak tau, dan dia yakin Bernard juga gak tau.
2. Bernard bilang, tadinya dia juga gak tau, tapi sekarang tau.
3. Eh, si Albert nimpalin kalau dia sekarang tau ulang tahunnya Cheryl.

Masih bingung?
Nah, coba jawab dulu di kolom komentar.
Jawaban yang paling benar akan saya update besok.


UPDATE:

Ini jawaban untuk soal di atas:

Ini sistemnya eliminasi aja.

  1. Pertama, eliminasi tanggal yang beda sendiri buat dapet bulannya
    Albert cuma tahu bulannya, dan setiap bulan punya 1 tanggal yang mungkin benar. Jadi ya jelas dia gak tau. Nah, si Bernard mikir dari sekian tanggal yang dikasih, dia mengeliminasi tanggal 18 dan 19 karena cuma disebutin 1 kali di bulan Mei dan Juni. Beda sendiri gitu, jadi ya eliminasi aja. Kan gak mungkin juga langsung ketauan antara tanggal 18 atau 19 nih. Pastinya bukan tanggal 18 atau 19 karena terlalu gampang main tebak-tebakannya.
  2. Kedua, eliminasi lagi tanggal yang beda buat dapet kemungkinan terkencil
    Kemudian Bernard yakin nih si Albert punya kemungkinan antara Juli atau Agustus. Dia mengeliminasi lagi tanggal 14 karena ada di 2 bulan, Juli dan Agustus. Dapet deh kemungkinan sekarang tinggal Juli 16, Agustus 15, atau Agustus 17.
  3. Ketiga, yak masih eliminasi lagi
    Dari antara 3 kemungkinan itu yang sama adalah tanggal 15 dan 17 karena sama-sama bulan Agustus. Jadi jawaban yang tersisa tinggal Juli 16.

Voila! Dapet deh jawabannya.

Jadi, prinsipnya adalah deduksi. Lo kerucutkan hal-hal umum jadi khusus. Misal, Semua orang pasti mati. Gue adalah manusia. Karena Gue termasuk dalam Semua orang, maka hasilnya adalah Gue pasti mati.

Bingung?

Ya, sudahlah… Biar waktu yang menjawabnya. At least lo udah tau kan jawabannya?

Share ke temen-temen lo buat iseng-iseng ngerjain mereka yuk!

Advertisements

Published by

elmover

Tentang saya? Bagaimana kalau kita bicarakan tentang kamu sambil minum kopi, setuju?

3 thoughts on “Lo Bisa Kerjain Soal Matematika Ini?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s